NEWS

Asosiasi Sepak Bola Belanda KNVB telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan Eredivisie musim 2019/20 setelah pemerintah memperpanjang larangan kegiatan di negara tersebut sampai 1 September 2020 mendatang. KNVB juga menegaskan bahwa musim Eredivisie 2019/20 tidak akan ada klub yang menjadi juara selain itu tidak akan ada promosi atau degradasi.

KNVB juga menjelaskan bahwa musim ini industri sepakbola di Belanda kesulitan keuangan sehingga lebih baik membatalkan musim ini. "KNVB secara definitif membatalkan kompetisi karena kesulitan keuangan di industri sepakbola akibat krisis Corona. Berdasarkan keputusan pemerintah, KNVB akan berkonsultasi dengan UEFA, setelah itu keputusan akan diambil," kata pernyataan KNVB.

Hal ini menjadi pukulan besar bagi semua klub profesional di level tertinggi Eropa. Selain itu pemerintah juga mengingatkan bahwa Lebih baik berhati-hati sekarang daripada menyesal di kemudian hari. Masih harus dilihat apakah liga besar lainnya akan mengambil langkah yang sama dengan yang dimiliki Asosiasi Sepak Bola Belanda. 

Eredivisie menjadi liga besar Eropa pertama yang dibatalkan karena pandemi corona. Saat ini di posisi pertama di tempati oleh Ajax dengan keunggulan selisih gol dari AZ Alkmaar di posisi ke dua. Sehingga kedua klub akan langsung masuk ke babak kualifikasi Liga Champions musim depan.

Sementara itu Feyenoord yang berada di posisi ketiga akan langsung masuk ke dalam babak grup Liga Europa musim depan. Sedangkan PSV dan Willem II yang berada di posisi empat dan lima akan memasuki babak kualifikasi Liga Europa.