NEWS

Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengambil langkah tegas di tengah wabah virus Corona Covid-19 di Benua Kuning. Seluruh laga di ajang Piala AFC 2020 resmi ditunda hingga waktu yang belum ditentukan guna mencegah semakin meluasnya wabah virus Corona Covid-19.

Sebelumnya, AFC hanya menunda laga-laga yang melibatkan zona Barat dan Timur sejak awal Maret hingga April 2020. Namun, melihat perkembangan situasi, federasi lantas mengambil langkah lebih tegas, yakni menunda semua laga Piala AFC 2020.

“Menyusul tindakan pencegahan lebih lanjut dan pembatasan perjalanan oleh beberapa pemerintah negara karena wabah Covid-19 saat ini, federasi telah memutuskan hari ini untuk menunda semua pertandingan Piala AFC 2020 sampai pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan resmi AFC, dikutip dari FoxSports, Rabu (18/3/2020).

“AFC sebelumnya hanya menunda semua laga di zona barat pada 12 Maret. Keputusan baru ini berlaku untuk semua pertandingan pada Maret dan April di lima zona. Selama masa penundaan, AFC akan terus memonitor situasi sebelum menentukan kapan kompetisi dilanjutkan,” imbuh pernyataan resmi itu.

Piala AFC 2020 seharusnya sudah memasuki matchday keempat pada pekan depan. Dua wakil Indonesia, Bali United dan PSM Makassar, dengan demikian mendapat rehan tambahan akibat penundaan Piala AFC 2020.

Asia menjadi salah satu benua dengan pandemi virus Corona Covid-19 terparah. Sebanyak 110 ribu kasus positif virus Corona Covid-19 terjadi di Asia dengan pusatnya di China. Dari ratusan ribu kasus, 77 ribu di antaranya berhasil sembuh, sementara 4.300 orang meninggal dunia.