NEWS

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memutuskan untuk menunda gelaran Piala Eropa 2020 hingga musim panas 2021 mendatang. Keputusan tersebut diambil setelah melakukan telekonferensi video dengan 55 perwakilan negara anggota pada Selasa (17/3/2020).

Penundaan tersebut disebabkan beberapa kompetisi domestik di sejumlah negara Eropa mengalami penundaan akibat wabah Virus Corona. Untuk itu, langkah ini diambil guna memberikan waktu bagi liga-liga domestik di Benua Eropa untuk menyelesaikan musim kompetisi mereka.

Sebagaimana diketahui, saat ini wabah Virus Corona tengah melanda sebagian besar negara dunia. Beberapa negara Eropa bahkan cukup parah terdampak yang pada akhirnya berimbas pada penundaan kompetisi domestik mereka.

Salah satunya seperti yang terjadi di Italia dan membuat kompetisi ditunda hingga dua pekan ke depan. Gelaran Piala Eropa yang sejatinya bakal dilangsungkan pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020.

Melihat kondisi saat ini, pihak UEFA pun memutuskan untuk menunda hingga tahun depan atau tepatnya pada 12 Juni sampai 12 Juli 2021 mendatang. UEFA sendiri mengumumkan hal tersebut setelah melakukan rapat jarak jauh dengan 55 federasi negara anggota, perwakilan FIFPRO, Direksi European Club Association, dan jajaran European Leagues.

"UEFA hari ini mengumumkan penundaan turnamen Piala Eropa 2020, yang seharusnya dimainkan pada Juni-Juli tahun ini," tulis pernyataan resmi UEFA, seperti yang dilansir Football Italia, Selasa (17/8/2020).

"Kesehatan semua pihak yang terlibat dalam turnamen ini menjadi prioritas utama, termasuk menghindari tekanan kepada layanan publik negara-negara yang akan menjadi tuan rumah," lanjut pernyataan tersebut.

"Penjadwalan ulang ini akan membuat seluruh kompetisi domestik yang tertunda karena pandemi virus corona bisa diselesaikan," tuntas pernyataan resmi UEFA.